. the ven boys

Rabu, 07 Maret 2012

Seni Rupa

Diposting oleh the_ven boys



 Seni Rupa
Seni rupa merupakan salah satu cabang kesenian. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan memanfaatkan unsur rupa sebagai salah satu wujud yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.
Kompetensi dasar yang harus dicapai bidang seni rupa adalah meliputi kemampuan memahami dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat patung, kemampuan memahami dan berkarya grafis ,kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan, serta kemampuan memahami dan berkarya atau membuat sarana multimedia. Terminologi in pada dasarnya telah ditetapkan sebagai kecakapan seseorang yang mampu menguasai bidang kerupawanan.
Seni rupa telah mengakar mulai zaman animisme dan dinamisme hingga jaman melenium. Seni Rupa menjadi salah satu bagian cabang seni yang secara performatif mempresentasikan wujud yang kasat mata. Ilusi tentang wujud dapat diserap dan dirasakan ke dalam klasifikasi bentuk seperti telah disebut pada bagian atas. Representasi bentuk seni rupa dipertimbangkan secara sinergis melalui perhelatan media yang digunakan sebagai dasar perwujudan rupa. Secara kontekstual seni rupa merupakan wujud mediasi bentuk kasat mata yang dekat ke arah perlambang gambar, lukis, patung, kerajinan tangan kriya dan multimedia. berhubungan dengan unsur cabang kesenian.

selanjutnya......

Seni Tari

Diposting oleh the_ven boys


Seni Tari

Media ungkap tari adalah gerak. Gerak tari merupakan gerak yang diperhalus dan diberi unsur estetis. Gerak dalam tari berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreografer. Keindahan tari terletak pada bentuk kepuasan, kebahagiaan, baik dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton.
Kompetensi dasar dalam mempelajari seni tari mencakup praktik dasar dan mahir dalam penguasaan gerak tari meliputi tari tradisional maupun tari garapan, kemampuan memahami arah dan tujuan koreografer dalam konsep koreografi kelompok. Kemampuan memahami an berkarya tari (koreografi) adalah keterampilan khusus berhubungan dengan kepekaan koreografi, di sisi lain diharapkan memiliki kepekaan memahami aspek-aspek tari dan aspek keindahan secara teknis. Sebagai penyesuaian abad modern, kemampuan memahami dan membuat perangkat multimedia hubungannya dengan tari adalah bentuk penyesuaian sumber daya manusia dalam adaptasinya dengan teknologi. Perwujudan ekspresi budaya melalui gerak yang dijiwai serta diikat nilai-nilai budaya menjadi patokan dasar atau standar ukur tari untuk dikaji menjadi bentuk tari-tarian daerah di Indonesia. Sebagai salah satu unsur terpenting kesenian di Indonesia dalam wujud performa gerak, dibutuhkan adanya kehidupan sosial dan spiritual masyarakat pendukungnya. Peran dan fungsi tarian yang begitu penting hingga kini pada puncak kesenian daerah menjadi simbol dan puncak tari sebagai budaya di daerah yang bersangkutan. Jenis tari yang telah menjadi puncak budaya daerah sangat erat untuk dijadikan sebagai tarian yang diunggulkan daerah.di mana tarian tersebut berasal.

Beraneka ragam tari-tarian yang diwarisi masyarakat daerah di Indonesia baik yang sakral maupun yang sekuler, tradisional maupun nontradisional. Bentuk tarian dari zaman prasejarah hingga zaman modern, produk dari zaman tertentu membantu sejarah kehidupan tarian untuk dapat tumbuh-kembang hingga akhir zaman.Seni tari memerlukan media gerak. Gerak murni atau wa     ntah tidak memiliki maksud-maksud tertentu. Gerak maknawi memiliki makna maksud-maksud tertentu dan apabila dibangun dengan unsur keindahan, maka gerakan tari semakin halus, estetis, dan geraknya memiliki bangunan ekspresi bentuk yang diungkapkan manusia untuk dinikmati.Seni tari banyak dipengaruhi oleh kepercayaan dinamisme dan animisme. Oleh sebab itu, sejak zaman dulu tarian sudah memiliki peran fungsi yang sentral dalam kehidupan beragama. Peran tari dalam upacara terkait dengan cara dan tujuan yang terkait dalam prosesi suatu upacara keagamanaan atau ritual. Seni tari mewariskan bentuk-bentuk tradisi maupun nontradisi. Sifatfungsi magis-ritual yang dipengaruhi kepercayaan animisme dinamisme mampu menjadi kekuatan sentral dalam setiap upacara keagamaan. Dalam perkembangannya, seni tari tradisional pada akhirnya mewariskan seni pertunjukan baru dan inovatif melalui dramatari prembun, hingga sendratari jenis kesenian yang lahir pada zaman modern. Pada masyarakat modern yang dinamis ini, kehadiran seni tari memerlukan hadirnya penari yang baik, guru-guru tari yang profesional, dan pemikir-pemikir yang mampu merumuskan masa depan tari secara proporsional. Oleh sebab itu, beberapa hal harus diperhatikan menyangkut penguasaan teknik tari agar dapat memenuhi syarat sebagai penari yang profesional.

selanjutnya......

seni musik

Diposting oleh the_ven boys



Seni Musik 


Unsur bunyi adalah elemen utama seni musik. Unsur lain dalam bentuk harmoni, melodi dan notasi musik merupakan wujud sarana yang diajarkan. Media seni musik adalah vokal dan instrumen. Karakter musik instrumen dapat berbentuk alat musik Barat dan alat musik Nusantara/tradisional. Jenis alat musik tradisional antara lain terdiri dari seruling, gambang kromong, gamelan, angklung, rebana, kecapi, dan kolintang serta arumba. Jenis alat musik Barat antara lain terdiri dari piano, gitar, flute, drum, musik elektronik, sintetiserr, seksopon, dan terompet.
Kompetensi dasar yang harus dicapai dalam mempelajari seni musik meliputi kemampuan memahami dan berkarya musik, pemahaman pengetahuan musik mencakup harmoni, melodi dan notasi musik serta kecerdasan musikal yang memungkinkan seseorang dapat beradaptasi dengan perangkat musik secara cepat. Di sisi lain, kemampuan memahami dan membuat notasi, kemampuan mengaransemen, serta praktik dasar maupun mahir dalam banyak alat atau instrumen secara terampil, serta kemampuan memahami dan membuat multimedia. Seni musik yang lebih mempromosikan unsur bunyi sebagai medium dasar musik lebih memiliki proporsi pada bunyi yang teratur, bunyi yang berirama, serta paduan bunyi yang menjurus kepada eksperimental bunyi secara harafiah tanpa ritme, melodi maupun harmoni. Seni musik banyak berkembang pada komunitas masyarakat yang memiliki aliran klasik, ekspresionis, eksperimentalis, dan fluonsis dengan memetakan perkembangan musik melalui bunyi-bunyian yang tidak berirama dan bernada. Seni musik tumbuh-kembang sejak zaman Renaissance hingga abad milenium. Secara progresif aliran musik yang berkembang pada saat ini lebih ke arah musik yang memiliki tonasi, interval, dan harmoni secara varian.
Seni musik lebih transparan dalam bentuk hasil karyanya. Bunyi sebagai media ungkap menjadi salah satu alat komunikasi dalam menginternalisasikan makna bunyi ke dalam penerjemahan kuantum dari pikiran aranjer(penata musik) ke penonton. Oleh sebab itu, dibutuhkan pemaknaan artikulasi penataan musik terhadap cara penyampaian makna musik untuk dapat dimengerti oleh penonton. Dengan demikian makna penataan musik semakin mudah dipahami, dimengerti dan menjadi media komunikasi antara penata musik dengan penghayat musiknya.




selanjutnya......

Seni Teater

Diposting oleh the_ven boys


Seni Teater

Kompetensi dasar bidang seni teater mencakup kemampuan memahami dan berkarya teater, kemampuan memahami dan membuat naskah, kemampuan memahami berperan di bidang casting kemampuan memahami dan membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat tambahan dalam membidangi seni teater.
Di sisi lain, kemampuan memahami untuk berperan di luar dirinya adalah penguasaan khusus yang harus dikuasai secara teknis dalam berkarya teater. Kemampuan memahami dan membuat sarana dan prasarana perlengkapan berbasis multimedia adalah pendekatan aktual yang harus dikuasai seorang dramawan dalam kaitannya dengan penyajian teater berbasis teknologi. Seni teater juga sebagai bagian integral kesenian memiliki media ungkap suara dalam wujud pemeranan. Cara atau teknik ini lebih mengutamakan terciptanya casting, pembawaan, diksi, intonasi, pengaturan laring dan faring secara konsisten adalah bagian penting dari penjelmaan profesi yang harus dimiliki.

selanjutnya......

Selasa, 06 Maret 2012

tugas B.Jepang

Diposting oleh the_ven boys


No
Bahasa indonesia
Bahasa jepang
Anggota badan
Romaji
Kata kana
1
Kulit
Hifu
ひふ
2
Kepala
Atama
あたま
3
Telinga
Mimi
みみ
4
Mata
Me
5
Mulut
Kuchi
くち
6
Hidung
Hana
はな
7
Rambut
Ke
8
Pipi
Hoo
ほお
9
Bahu
Kata
かた
10
tenggorokan
Nodo
のど
11
Perut
Hara
はら
12
Pinggang
euseto
うえすと
13
Punggung
Senaka
せなか
14
Tangan
Te
15
kaki
ashi
あし

selanjutnya......

tugas B.Indonesia

Diposting oleh the_ven boys


Alisya…
Kesunyian yang sempurna
Ku picingkan sebelah mata
Tuk menerawang wujud maya bila masih ada cahaya
Ku telusuri kerapuhan sebuah diri yang mati
Karena tercaci di lipatan sebuah hati
      Apakah sosok itu tengah diam
      Atau menjerit-jeritkan luka batin yang dalam
      Atau memang diam
      Menyulam pinta agar bintang terhiasi oleh malam
Dia tercipta begitu sempurna
Hanya bila melewati syaraf-syaraf mati rasa
Yang mengakar dalam dua lingkar mata
      Alisya
      Apakah balutan raga dan sukma ini salah
      Bila hanya diam mencari kedamaian
      Apakah satuan jasmani rohani ini kalah
      Bila memeluk cinta dalam angan
Alisya…
Sebuah kesunyian yang menuntunku kepada harapan
Bersamanya dalam suatu keabadian

selanjutnya......

Kamis, 01 Maret 2012

Tugas B.Indonesia

Diposting oleh the_ven boys


MANUSIA BERMASALAH
Kenyataan yang sering kali kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, yakni fakta adanya manusia-manusia sulit/manusia-manusia bermasalah disekitar kita. Manusia-manusia yang demikian ini bisa jadi adalah tetangga kita, teman kita, sahabat kita, bahkan kita kenalan dengan seseorang  lalu kita bisa menyimpulkan sikap dan perbuatannya , bisa jadi dia akan mejadi manusia sulit yang baru kita kenal
            Ketika  saya berada di depan komputer, dan sedang asyiknya mengembangkan ide dan pokok pikiran yang sudah saya rangkai dalam bentuk tulisan, terkadang saya merasa terganggu dengan kejailan teman-teman yang tidak tahu kondisi dalam fikiran saya, lalu saya berfikir untuk menyimpulkan bahwa teman-teman saya telah mempersulit saya.
            Bagaimana dengan anda?  Apakah anda merasa sedemikian itu? Apakah andah tidak merasa terganggu, marah, jengkel,  kecewa dan putus asa. Lalu anda simpulkan bahwa mereka adalah orang-orang yang menyulitkan anda melakukan sesuatu,
            Hampir semua orang barnafsu untuk membuat seseorang sulit untuk menjadi baik iya kan?,  pembicaraan mengenai manusia sulit hanya boleh di bicarakan dengan keadaan kacamata bersih dan bening, dalam banyak kasus karena kita tidak sadar dengan kotornya kacamata kita, maka yang kita pandang juga terlihat kotor, yakinlah bahwa anda bukan orang yang sulit, karena anda amat keras kepala, maka orang berbeda pendapat  sedikitpun jadi sulit memahaminya.
            Dengan meyakini  bahwa setiap orang yang kita temui dalam hidup adalah guru kehidupan, manusia sulit mengajarkan kita dengan menunjukan betapa menjengkelkannya mereka, bayangkan ketika orang-orang ramai menyatukan pendapat, ia mau menang sendiri, ia malah mencacimaki dan menghina orang lain, semakin sering kita bertemu dengan orang-orang seperti ini, sebenarnya kita sering diingatkan untuk tidak berperilaku seburuk itu, dengan kata lain kita harus bisa menghargai pendapat maupun solusi orang lain, jangan semena-mena ingin membela diri sendiri tanpa memikirkan kehendak orang lain, dan kita berterima kasih atas apa yang telah mareka berikan kepada kita, tidak ada manusia yang luput dari masalah.

selanjutnya......